Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 Januari 2013

Tanaman Kurcaci, Solusi Pangan Masa Depan

Seorang asisten profesor di bidang tanaman biokemikal dan genetika molekuler di Purdue University, Amerika Serikat, menemukan cara untuk menghilangkan fungsi steroid dalam jagung. Dengan menghilangkan fungsi ini, jagung tidak akan tumbuh tinggi seperti normalnya, sehingga membuatnya seperti tanaman jagung kerdil.

Modifikasi genetika pada tanaman jagung ini memungkinkan jagung untuk tumbuh lebih rendah dari biasanya, namun mampu memproduksi hasil yang sama dengan tanaman normal. Dengan begitu, tanaman ini akan membutuhkan lebih sedikit air, pupuk, maupun pestisida. Permasalahan tanah pun dapat teratasi, karena tanaman ini membutuhkan lebih sedikit lahan. Dengan demikian, bukan tidak mungkin jika nantinya setiap keluarga di setiap rumah dapat memproduksi sendiri bahan pangan mereka, melalui lahan seminimal mungkin.

Burkhard Schulz adalah lelaki yang menemukan cara tersebut. Awalnya, ia menggunakan brassinazole. Namun, sayang, harga bahan kimia ini sangatlah mahal, hingga akhirnya lelaki ini mencari alternatif lain untuk menjadi pengganti bahan kimia itu.

Untungnya, ia menemukan zat bernama propiconazole, sebuah fungisida yang membuat tumbuhan tidak mensintesa steroid. Akibatnya, tumbuhlah versi kurcaci dari tanaman yang hanya memiliki sifat feminim, tanpa kehilangan fungsi sesungguhnya dari tanaman tersebut.

Schulz mengungkapkan bahwa mereka dapat mengubah bentuk fisik suatu tanaman, sama seperti yang sudah terjadi dalam proses pengembangbiakkan mereka. Propiconazole yang digunakan oleh Schulz untuk modifikasi tanaman jagung ini, selain murah juga merupakan bahan yang aman.

Penelitian yang dilakukan oleh Schulz dan timnya dari Purdue University ini bekerja sama dengan para peneliti dari Seoul National University di Korea Selatan. Penelitian yang mendapatkan dana dari National Science Foundation itu diharapkan akan menghasilkan solusi baru terhadap masalah pangan. Sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Komentar Terakhir

Widget edited by super-bee

Pengikut


visitors globe